Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Model Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Jenis Kelamin Peserta Didik
Meri Miranti (a*), Acep Kusdiwelirawan (b), Imas Ratna Ermawati (b)
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap hasil belajar yang ditinjau dari jenis kelamin peserta didik. Penelitian dilakukan di SMA Budhi Warman II Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu True Experiment Design. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji t-dunnet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua model yang digunakan, dibuktikan dengan nilai F(hitung) antar kolom = 16,70 lebih besar daripada F(tabel alpha 0,05) = 3,98. Selain itu diperoleh nilai F(hitung) antar baris = 13,02 lebih besar daripada F(tabel alpha 0,05) = 3,98, hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik perempuan dan laki-laki. Interaksi antara model pembelajaran dengan jenis kelamin peserta didik juga diperoleh berdasarkan nilai F(hitung) interaksi = 4,00 yang lebih besar daripada F(tabel alpha 0,05) = 3,98.
Keywords: Problem Based Learning; Problem Solving; Jenis Kelamin; Hasil Belajar.
Topic: Physics