SNIPS 2016 Conference

Instrumen TEL ( Tecnology Engineering Literacy) untuk mengukur kemampuan STEM siswa
Umar Komarudin(a*), Lilik Hasanah(a), Nuryani Rustaman(a)

a) Universitas Pendidikan Indonesia
Jl. Dr Setiabudi No. 229, Bandung, Jawa Barat


Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi oleh pentingnya instrumen yang dapat mengukur kemampuan STEM (Science, Tecnology, Engineering ,dan Math). Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan instrumen TEL (Tecnology Engineering Literacy) yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan STEM siswa untuk jenjang SMP pada tema tuas dalam tubuh manusia. Instrumen TEL dalam bentuk tes pilihan ganda yang mengukur kemampuan tecnology literacy dan Engineering literacy. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Kualitas pengumpulan data sangat ditentukan oleh kualitas instrumen dan karakteristik subjek penelitian. Subjek penelitian sebanyak 85 siswa kelas VII yang terdiri dari dua kelas yang dipilih secara cluster random sampling. Kelas VII A (n=45) merupakan kelas unggulan yang memiliki karakteristik kemampuan siswa homogen dan kelas VII B (n=40) merupakan kelas bakat yang meiliki karakteristik kemampuan siswa yang heterogen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 12 butir soal. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas soal. Data hasil uji coba kelas VII A dengan rata-rata 6,71 dan simpangan baku 1,08 sebanyak 2 soal yang memiliki korelasi signifikan. Data hasil uji coba pada kelas VII B dengan rata-rata 5,45 dan simpangan baku 2,95 sebanyak 11 soal yang memiliki korelasi signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 11 soal TEL yang valid sehingga dapat digunakan dalam mengukur kemampuan tecnology literacy dan Engineering literacy dan karakteristik kelas yang heterogen sesuai sebagai subjek uji coba soal.

Keywords: Instrumen; STEM; TEL

Topic: Instrumentasi

Link: https://ifory.id/abstract-plain/DjmCry3wKbFz

Web Format | Corresponding Author (Umar Komarudin)