FMI 2019 Conference

PENGARUH PERENCANAAN STRATEGI TERHADAP KINERJA ( STUDI PADA CAFE YANG MENGGUNAKAN MEDIA PROMOSI ONLINE DI KOTA MALANG)
Dr Christin Susilowati, SE., MSi., Gandaru Putranda, SE

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang


Abstract

Ketatnya persaingan bisnis menuntut para pelaku bisnis dituntut untuk dapat menjalankan usahanya dengan menerapkan strategi yang efektif agar dapat bertahan dan bersaing memperebutkan pangsa pasar yang lebih besar. Secara lebih spesifik industri kuliner merupakan industry yang lingkungannya memiliki ketidakpastian yang sangat tinggi. Untuk dapat memenangkan persaingan, maka pelaku bisnis diharuskan mampu menyusun perencanaan yang matang dan merealisasikan rencana tersebut serta secara terus menerus melakukan evaluasi yang berkelanjutan. Proses perencanaan yang merupakan bagian dari proses antisipasi perubahan dan ketidakpastian lingkungan yang dihadapi adalah bagian penting untuk dapat bertahan dalam kompetisi bisnis yang terus berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh dari proses perencanaan strategi yang dilakukan oleh café yang menggunakan strategi promosi online terhadap kinerja. Penelitian ini dilakukan di kota Malang, dimana di kota ini industry kuliner sedang sangat bertumbuh. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perencanaan strategi terhadap kinerja pada cafe-cafe yang menggunakan media promosi online di kota Malang. Dapat disimpulkan semakin baik proses perencanaan strategi dilakukan perusahaan maka akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja. Proses Perencanaan yang baik merupakan proses yang mengadopsi setiap usaha dalam memahami lingkungan dengan perubahan yang terjadi dan bagaimana mengantisipasinya

Keywords: Perencanaan Strategi dan Kinerja

Topic: Manajemen Strategi

Link: https://ifory.id/abstract-plain/DvntW8VuyjMf

Web Format | Corresponding Author (Christin Susilowati)