Analisis Proses Bisnis Pusat Panggilan Darurat Dengan Pendekatan Emergency Response Decision Support System
Muhammad Fadhil (a*), Sasongko Pramono Hadi (b), Eko Nugroho (c)
a) Mahasiswa Program Pascasarjana Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada
b) Dosen Program Pascasarjana Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada
c) Dosen Program Pascasarjana Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada
Fakultas Teknik Jl. Grafika No.2 Kampus UGM, Yogyakarta 55281, Indonesia
*m.fadhil[at]mail.ugm.ac.id
Abstract
Emergency Response Decision Support System merupakan kerangka pengambilan keputusan untuk mengemukakan rencana darurat dan memberikan solusi yang terbaik terhadap situasi kejadian darurat. Kerangka ini dapat diaplikasikan sebagai alat bantu analisis terhadap proses bisnis yang diperlukan, sehingga memberikan dukungan tanggap darurat. Pusat Panggilan Darurat merupakan satuan organisasi pada pemerintah yang memerlukan dukungan tanggap darurat pada proses bisnisnya, yaitu meliputi kegiatan penanggulangan bencana. Penelitian ini menggunakan Emergency Response Decision Support System sebagai alat bantu analisis untuk dapat mengidentifikasi proses bisnis yang dibutuhkan dalam pengerjaan model. Pengerjaan model menggunakan kerangka kerja Zachman sebagai acuan motode penelitian. Perspektif pada Zachman yang digunakan adalah executive beserta klasifikasi what, how, where, when, who, why. Hasil pada penelitian ini berupa model proses bisnis yang didukung tanggap darurat untuk Pusat Panggilan Darurat di sektor pemerintah.
Keywords: Analisis proses bisnis, sistem pendukung keputusan, tanggap darurat
Topic: Komputasi dan Pemodelan