Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM
Alfiansah Sandion Prakoso*, Irma Rahma Suwarma, Purwanto
Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia
*alfisandion[at]outlook.com
Abstract
Saat ini perubahan terjadi dimana-mana. Ilmu pengetahuan berkembang secara eksponensial, dan teknologi terus menerus mengubah bagaimana cara kita hidup dan bekerja. Inovasi menjadi kebutuhan yang mendesak, sedangkan kreativitas menjadi kunci dari lahirnya inovasi. STEM Education menawarkan kesempatan yang luar biasa untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menghadapi tantangan dan persaingan abad 21 yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Profil keterampilan berpikir kreatif yang dimaksud adalah aspek fluency, flexibility, originality, dan abstractness yang diukur menggunakan instrumen Torrance Test of Creative Thinking (TTCT). Rata-rata profil keterampilan berpikir kreatif untuk aspek fluency adalah 83.9%. Sedangkan untuk aspek flexibility, originality, dan abstractness berturut-turut adalah 73.2%, 75.8%, dan 74.7% yang seluruhnya termasuk dalam kategori tinggi.
Keywords: Keterampilan Berpikir Kreatif; STEM Education; TTCT
Topic: Pembelajaran
Link: https://ifory.id/abstract-plain/EQnukzdgfrB4
Web Format | Corresponding Author (Alfiansah Sandion Prakoso)