Rekonstruksi Pembelajaran Sistem Partikel untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ( High Order Thinking) Calon Guru Fisika
Saeful Karim, Duden Saepuzaman
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Pembelajaran yang terjadi di perkuliahan tidak hanya berfokus pada penguasaan konsep mahasiswa tetapi harus berfokus juga pada proses pembelajaran yang memfasilitasi keterampilan berpikir. Apalagi perkuliahan di Universitas yang mencetak calon pendidik. Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa gaya guru mengajar di kelas kebanyakan mereproduksi kebiasaan dan kebanyakan gaya mengajar dosen di perkuliahan. Sehingga sangat diperlukan proses pembelajaran yang mampu memfasilitasi berbagai keterampilan berpikir calon guru dan memberikan model real (modelling) bagaimana pembelajaran diterapkan. Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi proses belajar mengajar ditemukan bahwa respon mahasiswa terhadap gaya mengajar dosen secara umum masih rendah. Penelitian ini berfokus pada rekonstruksi pembelajaran sistem partikel dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Adapun produk dari penelitian ini berupa rancangan pembelajaran yang operasional dan evaluasinya. Pelengkap data bagaimana kefektifan pembelajaran yang diterapkan ditinjau dari pencapaian mahasiswa pada evaluasi pembelajaran sistem partikel. Berdasarkan data pencapaian mahasiswa pada kelas yang menerapkan rekonstruksi rancangan pembelajaran yang baru, diperoleh pencapaian hasil belajar yang lebih baik daripada pembelajaran yang menggunakan konstruksi pembelajaran sebelumnya. Hasil angket menunjukkaan mahasiswa memberikan respon positif pada penerapan rekonstruksi pembelajaran.
Keywords: Rekonstruksi pembelajaran, keterampilan berpikir tingkat tinggi
Topic: Pembelajaran (EDU)