SNIPS 2016 Conference

Kesalahan Penalaran Analogi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Nilai Maksimum
I Gede Beni Manuaba, Akbar Sutawidjaja, Hery Susanto

Universitas Negeri Malang


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah nilai maksimum. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah dan wawancara. Tes terdiri dari dua soal penentuan nilai maksimum yaitu masalah sumber dan masalah target yang saling analog. Data dianalisis sesuai dengan tahapan proses penalaran analogi dalam memecahkan masalah. Hasil analisis data menunjukan bahwa kesalahan penalaran analogi siswa terjadi pada proses pemahaman struktur masalah sumber, pada proses identifikasi kesesuaian antara masalah target dengan masalah sumber, dan pada proses adaptasi struktur masalah sumber untuk memecahkan masalah target.

Keywords: kesalahan penalaran analogi, pemecahan masalah, masalah sumber, masalah target

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/FEL3qNtpTWZn

Web Format | Corresponding Author (I Gede Beni Manuaba)