SNIPS 2016 Conference

Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Melalui Penerapan Levels of Inquiry pada Materi Gerak Tumbuhan Kelas VIII
Teti Trinayanti *, Hayat Sholihin dan Taufik Rahman

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan kemampuan literasi sains siswa sebagai dampak penerapan levels of inquiry pada materi gerak tumbuhan kelas VIII. Pentingnya literasi sains berhubungan dengan bagaimana siswa mampu menggunakan kemampuan berpikir secara ilmiah dan menggunakan pengetahuan serta proses sains dalam memahami suatu fenomena sehingga mampu mengambil keputusan untuk memecahkan masalah. Literasi sains merupakan hasil belajar kunci bagi semua siswa. Literasi sains dapat dilatihkan melalui penerapan levels of inquiry pada pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah weak experiment dengan desain penelitian pretest-postest control non equevalen design. Subyek penelitian yaitu 68 orang siswa kelas VIII yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol di salah satu SMP berbasis Adiwiyata di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran levels of inquiry dan tes kemampuan literasi sains berbentuk tes tertulis jenis pilihan ganda terkait konsep gerak tumbuhan. Adapun kompetensi literasi sains yang diukur adalah menjelaskan fenomena secara ilmiah , mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah, dan menginterpretasikan data dan fakta secara ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan diperoleh bahwa setelah pembelajaran levels of inquiry kemampuan literasi sains meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelas yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi gerak tumbuhan kelas VIII.

Keywords: levels of inquiry, literasi sains, inkuiri.

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/FVxuBCtqW9AG

Web Format | Corresponding Author (Teti Trinayanti)