SNIPS 2016 Conference

IMPLEMENTASI BRAIN BASED LEARNING (BBL) DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP
Teen November Manalu (a*), Sonya Fanny Tauran (b)

a) Program Studi Pendidikan Matematika
FKIP Universitas Advent Indonesia
Jl.Kolonel Masturi 288 Parongpong, Bandung Barat

b) Program Studi Pendidikan Matematika
FKIP Universitas Advent Indonesia
Jl.Kolonel Masturi 288 Parongpong, Bandung Barat


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memperoleh Brain Based Learning dengan siswa yang memperoleh Contextual Teaching and Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII se- Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D dan siswa kelas VII-E di SMP Negeri 1 Parongpong. Dari dua kelas tersebut, yang memperoleh Brain Based Learning adalah siswa kelas VII-D dan siswa kelas VII-E memperoleh Contextual Teaching and Learning. Desain dalam penelitian ini menggunakan studi komparatif untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memperoleh Brain Based Learning dengan siswa yang memperoleh Contextual Teaching and Learning. Uji statistik yang digunakan adalah Uji beda dua rata-rata yaitu uji t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memperoleh Brain Based Learning dengan siswa yang memperoleh Contextual Teaching and Learning. Respon siswa terhadap Brain Based Learning adalah suka dan respon siswa terhadap Contextual Teaching and Learning adalah sangat suka.

Keywords: : Brain Based Learning, Contextual Teaching and Learning dan Kemampuan Koneksi Matematis.

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/G7ZCyLnBrTcV

Web Format | Corresponding Author (Teen November Manalu)