FMI 2019 Conference

Sikap, Norma Subjektif Dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Minat Yang Berdampak Pada Perilaku Kewirausahaan
Ika Suhartanti Darmo (a*), Tinton Ramadhan (b)

a) Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
Jl. Pulomas Selatan Kav. 22, Jakarta Timur 13210, Indonesia
*ika.darmo[at]kalbis.ac.id
b) Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
Jl. Pulomas Selatan Kav. 22, Jakarta Timur 13210, Indonesia


Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengukur efektivitas penerapan kurikulum kewirausahaan di perguruan tinggi yang menekankan pada nilai inovasi dan kewirausahaan mahasiswa. Kajian ini mengacu pada Theory of Reasoned Action (TRA) dan Theory Planned Behaviour (TPB) yang mempengaruhi sikap, norma subjektif dan persepsi mahasiswa dalam mewujudkan minat dan perilaku kewirausahaan. Kuesioner dan observasi dipilih sebagai instrumen pengumpulan data penelitian kuantitatif yang diolah dengan analisis regresi. Sebanyak 148 responden yang telah mengikuti mata kuliah kewirausahaan dipilih melalui metode purposive random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan yang pengaruh kuat (60,2%) antara sikap individu, nilai subjektif dan kontrol persepsi terhadap minat kewirausahaan. Sedangkan minat kewirausahaan tersebut hanya memiliki pengaruh sedang (55,2%) terhadap perilaku kewirausahaan mahasiswa. Sehingga disarankan dilakukan penyesuaian dan pengembangan terhadap metode dan teknik pengajaran kurilulum kewirausahaan era sesuai kemajuan industri 4.0 sehingga mahasiswa lebih tertarik dan antusias dalam meningkatkan minatnya menjadi aktivitas kewirausahaan mandiri yang produktif.

Keywords: sikap,norma subjektif, persepsi, minat kewirausahaan, perilaku kewirausahaan

Topic: Manajemen Sumber Daya Manusia

Link: https://ifory.id/abstract-plain/GMXNbU9VPhRu

Web Format | Corresponding Author (Ika Suhartanti Darmo)