SNIPS 2016 Conference

Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP Pada Tema Sampah dan Penanggulangannya
Aay Susilawati*, Parlindungan Sinaga, Hernani

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Sekolah Pascasarjana
Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

*email : aaysusilawati[at]gmail.com


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan mind map dalam pembelajaran IPA dengan tema sampah dan penanggulangannya dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Metode penelitian yang dipilih adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak dua kelas di salah satu SMP di kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan adalah test penguasaan konsep dengan validitas soal antara 0,41 � 0,85 dan reliabilitas 0,90. Data dianalisis dengan menghitung gain yang dinormalisasi dan menghitung effect size. Hasil analisis data diperoleh dari gain 〈g〉 = 0,78 untuk kelas eksperimen, 〈g〉= 0,37 untuk kelas kontrol. Sedangkan effect size d=0,63. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model PjBL berbantuan mind map pada tema sampah dan penanggulangannya efektif dengan kriteria sangat baik dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Keywords: Model PjBL, mind map, penguasaan konsep, sampah dan penanggulanganya

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/GRNVFP97e6qJ

Web Format | Corresponding Author (AAY SUSILAWATI)