Situation-Based Learning (SBL) Berbantuan Program Geometer�s Sketchpad (GSP) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP
Sowanto
Pendidikan Matematika
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan representasi matematis siswa SMP dan self-efficacy atau tingkat keyakinan siswa siswa akan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah matematika. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan pembelajaran yang menggunakan situation-based learning (SBL) berbantuan program geometer�s sketchpad (GSP). Adapun yang dikaji dalam penelitian ini adalah masalah peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan situation-based learning (SBL) berbantuan program geometer�s sketchpad (GSP) dengan siswa yang mendapat pembelajaran biasa ditinjau dari keseluruhan dan kategori kemampuan awal matematika siswa (atas, tengah, bawah), serta mengkaji perbedaan self-efficacy siswa setelah pembelajaran diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design atau desain kelompok kontrol non-ekuivalen dengan tehnik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kempo dengan sampel dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan representasi matematis, angket self-efficacy, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualititatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji t, uji t�, uji Anova dua jalur dan nonparametrik Mann-Whitney U. Analisis kualitatif dilakukan untuk menelaah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditinjau dari keseluruhan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan situation-based learning (SBL) berbantuan Program geometers sketchpad (GSP) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan situation-based learning (SBL) berbantuan program geometers sketchpad (GSP) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa kategori atas, tengah, dan bawah. Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran (situation-based learning (SBL) berbantuan program geometers sketchpad (GSP) dan pembelajaran biasa) dengan kemampuan awal matematika (atas, tengah, bawah) siswa dalam peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Self-efficacy siswa yang pembelajarannya menggunakan situation-based learning (SBL) berbantuan program geometers sketchpad (GSP) tidak berbeda secara signifikan dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.
Keywords: situation-based learning (SBL), program geometers sketchpad (GSP), kemampuan representasi matematis, self-efficacy
Topic: Pembelajaran (EDU)