FMI 2019 Conference

Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E-commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap Keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial.
Bambang Setia Wibowo (a*), Diaz Haryokusumo (b)

a) STIE YKPN Yogyakarta
*bambang.setia[at]stieykpn.ac.id
b) STIE YKPN Yogyakarta


Abstract

Perubahan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat. Teknologi informasi, transaksi online, digital marketing telah menjadi basis dalam kehidupan manusia serta kegiatan di dunia bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu peluang di revolusi industri 4.0 yang ditinjau dari aspek bisnis digital dengan menguji pengaruh pemanfaatan aplikasi e-commerce, sosial media instagram dan digital marketing terhadap keputusan instant online buying konsumen generasi millenial. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei, dengan pengumpulan data konsumen generasi millenial yaitu konsumen yang lahir diantara tahun 1980 sampai dengan tahun 2000. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu agar sampel yang diambil sesuai dengan tujuan penelitian. Kriteria yang ditetapkan adalah responden yang sudah pernah belanja online di situs e-commerce yang ada di Indonesia serta mengetahui digital marketing yang digunakan oleh perusahaan pengiklan. Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan Analysis Moment Structure (AMOS). Terdapat pengaruh positif pemanfaatan aplikasi e-commerce, sosial media instagram dan digital marketing terhadap instant online buying konsumen generasi millenial.

Keywords: Revolusi industri 4.0, E-Commerce, Instagram, Digital Marketing, Instant Online Buying, Generasi Millenial

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/GyjxgQDEnChW

Web Format | Corresponding Author (Bambang Setia Wibowo)