SNIPS 2017 Conference

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU DENGAN 4 STEPS TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT PADA TOPIK BINTANG
Nadia Nur Imania*, Dadi Rusdiana, Momo Rusbiono

Sekolah Pascasarjana
Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Materi pelajaran ilmu antariksa merupakan salah satu materi yang dimasukan ke dalam kurikulum IPA SMP. Dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang, ilmu antariksa akan semakin menarik untuk dipelajari. Buku teks merupakan salah satu bahan ajar yang digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam mempelajari ilmu antariksa ini. Oleh karena itu, buku teks atau teks materi yang disusun secara lengkap, sistematis, serta sesuai dengan perkembangan kognitif maupun mental siswa sangat diperlukan. Salah satu teknik pengembangan bahan ajar yang dapat digunakan adalah 4 Steps Teaching Material Development (4S TMD). Teknik ini memiliki 4 tahap, yaitu seleksi, strukturisasi, karakterisasi, dan reduksi didaktik. Proses seleksi merupakan proses pemilihan informasi yang benar-benar diperlukan dan berhubungan langsung dengan bahan ajar yang dikembangkan. Pada proses seleksi informasi dan materi yang telah terkumpul akan disesuaikan dengan kompetensi pada kurikulum yang berlaku. Pada tahap selanjutnya, informasi yang telah terkumpul harus melalui tahap strukturisasi secara didaktis, sesuai dengan karakteristik bahan ajar. Tahap strukturisasi dimaksudkan agar ketika siswa menggunakan bahan ajar tersebut, mereka akan mendapatkan ilmu yang terintegrasi. Pada tahap karakterisasi bahan ajar yang memiliki karakteristik sulit akan dikemas menjadi lebih ringan dan sederhana dengan strategi pemblajaran tertentu. Tahapan terakhir adalah reduksi, yaitu pengurangan tingkat kesulitan bahan ajar. Pengurangan ini perlu disesuaikan dengan kemampuan siswa agar siswa dapat memahaminya dengan mudah.

Keywords: Bahan ajar, 4SMTD, IPA terpadu

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/HNGFX6yEwbtc

Web Format | Corresponding Author (Nadia Nur Imania)