SKF 2017 Conference

Pengembangan Media Video Tutorial Model Discovery Learning Materi Tekanan Hidrostatis
Saprudin, Ade Hi Haerullah, In Hi Abdullah, A Rasid Saraha, Fatma Hamid

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara


Abstract

Artikel ini merupakan bagian dari penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan media video tutorial model discovery learning pada materi tekanan hidrostatis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pada artikel ini dipaparkan hasil uji kelayakan media video tutorial model discovery learning menurut ahli materi, ahli media pembelajaran, ahli pedagogik dan juga guru-guru fisika sebagai pengguna media. Data uji kelayakan media video dikumpulkan melalui teknik non tes dengan instrumen angket. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji kelayakan media menurut ahli materi fisika dikategorikan sangat baik (76,4%), menurut ahli media pembelajaran dikategorikan baik (71,8%), menurut ahli pedagogik dikategorikan baik (72,2%), menurut guru fisika terkait aspek desain media dan keterlaksanaan sintaks model discovery learning dikaterorikan sangat baik dengan besar persentase masing-masing sebesar 81,4% dan 83,5%. Berdasarkan hasil uji validasi disimpulkan bahwa media video tutorial model discovery learning yang dikembangkan telah layak untuk ditindaklanjuti pada uji coba secara terbatas.

Keywords: Media pembelajaran, Video tutorial, Model discovery learning

Topic: Pendidikan Fisika

Link: https://ifory.id/abstract-plain/HVa9bPUuNteh

Web Format | Corresponding Author (Saprudin M.Pd.)

PDF (2,786 kB)