Penerapan Green Marketing Pada Homestays Desa Wisata Blimbingsari Jembrana Bali
Ni Putu Dyah Krismawintari
Universitas Dhyana Pura
Abstract
Pariwisata merupakan sebuah industri yang berkembang dengan cepat dan melibatkan interaksi kompleks dengan sistem alam. Konsep Green Marketing muncul pada akhir 1980-an. Internet adalah saluran yang efektif untuk memasarkan hotel yang ramah lingkungan. Pesatnya perkembangan Pariwisata di bali dapat terlihat semakin banyaknya desa di Bali yang menjadi desa wisata. Salah satu desa wisata di Bali adalah Desa Blimbingsari yang terletak di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Komite Desa Blimbingsari bersama masyarakat membuat community based tourism yaitu pariwisata berbasis masyarakat dengan menggunakan rumah masyarakat sebagai tempat akomodasi atau di sebut homestay untuk para wisatawan yang datang ke desa Blimbingsari. Penerapan Green Marketing pada Homestay desa wisata Blimbingsari dilakukan dengan Pemesanan kamar melalui website komite pariwisata, sesuai standar yang diminati oleh tamu dengan paket-paket yang ditawarkan. Dalam operasionalnya kegiatan ini melibatkan guide, yang mengelola Food and Beverage, Homestay, kesenian dan budaya dan masyarakat karena tujuannya adalah memberdayakan masyarakat.
Keywords: Pariwisata, Green Marketing, Homestays, Community Based Tourism.
Topic: Manajemen Pemasaran
Link: https://ifory.id/abstract-plain/HZrUcN4Dduge
Web Format | Corresponding Author (Ni Putu Dyah Krismawintari)