KONSTRUKSI INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERKAIT MATERI AJAR GETARAN DAN GELOMBANG
Faizatul Mabruroh (a*), Andi Suhandi (b), A.Rusli (b)
(a) Sekolah Pascasarjana Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.
(b) Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi instrumen tes yang mengases keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) terintegrasi konten fisika pada materi ajar getaran dan gelombang yang difokuskan pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian menggunakan mixed method dengan desain sequential exploratory yang terdiri atas : 1) tahap studi pendahuluan; 2) tahap perancangan dan penelaahan instrumen tes; dan 3) tahap pengujian instrumen tes. Instrumen tes yang dikonstruksi dalam bentuk essai, terdiri atas 20 soal memuat 5 indikator dan 8 sub indikator keterampilan berpikir kritis yang dikemukakan oleh Ennis, dengan soal-soal yang bersifat kualitatif dan kontekstual. Analisis hasil uji implementasi instrumen tes menggunakan uji hipotesis beda 2 untuk mendapatkan gambaran kemampuan instrumen tes dalam membedakan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mendapatkan proses pembelajaran yang melatihkan keterampilan berpikir kritis dan siswa yang mendapatkan proses pembelajaran yang tidak melatihkan keterampilan berpikir kritis. Uji Anova satu arah dilakukan untuk mendapatkan gambaran kemampuan instrumen tes yang dikonstruksi dalam mengidentifikasi kesamaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mendapatkan proses pembelajaran yang melatihkan keterampilan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, model siklus belajar (learning cycle) 5E, dan model pembelajaran inkuiri. Uji korelasi Pearson Product Moment dilakukan untuk mendapatkan hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan penguasaan materi ajar pada siswa uji implementasi instrumen tes yang dikonstruksi.
Keywords: instrumen tes keterampilan berpikir kritis, getaran dan gelombang, gelombang bunyi.
Topic: Pembelajaran