SNIPS 2016 Conference

PENDEKATAN METAKOGNISI DALAM PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Ruth Helen Simarmata

Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesha No.10, Bandung;
ruth.helen7[at]gmail.com


Abstract

Metakognisi adalah kesadaran berpikir seseorang tentang proses berpikirnya sendiri. Metakognisi memiliki dua komponen, yaitu: (1) pengetahuan metakognitif dan (2) keterampilan metakognitif. Pemecahan masalah matematika berkaitan dengan memori, dan komponen metakognisi untuk mendukung proses pemecahan masalah. Metakognisi dirancang melatih siswa untuk merancang strategi terbaik dalam memilih, mengingat, mengorganisasi informasi yang dihadapinya dalam menyelesaikan masalah. Metakognisi berperan penting mengatur dan mengontrol proses-proses kognitif seseorang dalam belajar dan berpikir, sehingga dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Kemampuan pemecahan masalah ini berkaitan erat dengan komponen pemahaman siswa dalam bermatematika. Tahapan pertama dalam memecahkan masalah matematika adalah memahami masalah matematika itu sendiri. Kaitan antara kemampuan pemahaman dengan pemecahan masalah yaitu, jika seseorang telah memiliki kemampuan pemahaman terhadap konsep-konsep matematika, maka ia mampu menggunakannya untuk memecahkan masalah.

Keywords: Metakognisi, Pemahaman, Pemecahan masalah

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/HyFNB8c3qVrC

Web Format | Corresponding Author (Ruth Helen Simarmata)