PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 7E PADA POKOK BAHASAN FLUIDA DINAMIK UNTUK SISWA SMA KELAS XI
Sitti Ghaliyah, Fauzi Bakrie, S.Pd, M.Si, Drs. Siswoyo, M.Pd
Universitas Negeri Jakarta
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhkan bahan pembelajaran Kurikulum 2013 yang bersifat saintifik. Peneliti telah melakukan penelitian untuk mengembangkan sebuah bahan pembelajaran fisika berbentuk elektronik berbasis model Learning Cycle 7E pada pokok bahasan Fluida Dinamik. Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini adalah (1) mengembangkan dan menghasilkan software product sebagai bahan pembelajaran mandiri berupa modul elektronik fisika, (2) mengetahui kualitas modul elektronik fisika yang telah dikembangkan melalui uji validasi oleh para ahli dan guru fisika SMA, dan (3) mengetahui bagaimana hasil belajar dan tanggapan peserta didik SMA kelas XI terhadap modul elektronik fisika yang telah dikembangkan dengan menyebar angket pada saat uji coba lapangan terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Modul elektronik fisika yang telah dikembangkan, menyajikan beberapa konten untuk menunjang pembelajaran mandiri peserta didik, diantaranya adalah teks, video, audio, gambar, dan animasi. Selain modul elektronik fisika ini berbasis model learning cycle 7E, kelebihan lainnya adalah modul ini mempunyai umpan balik untuk evaluasi yang dikerjakan oleh peserta didik. Umpan balik tersebut langsung dapat ditampilkan usai mengerjakan evaluasi dan dikirimkan melalui e-mail guru ataupun fasilitator agar dapat mengontrol pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh peserta didik.
Keywords: Kurikulum 2013, Model Learning Cycle 7E, Modul Elektronik Fisika, Pembelajaran Mandiri
Topic: Pembelajaran (EDU)