SKF 2018 Conference

Pengembangan Tes Miskonsepsi dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa
Acep Kusdiwelirawan (a*), Erlinda Septiyani Puspita (b), Liszulfah Roza (b)

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA


Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai sarana pengembangkan Four-Tier Test pada tingkat kepercayaan untuk mendeskripsikan permasalahan yang terjadi pada siswa. Tes ini dilakukan untuk menentukan tingkat kevalidan, reliabilitas, dan karakteristik bentuk Four-Tier Test, serta mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada materi Gerak Lurus. Four-Tier Test terdiri atas empat tingkat, yaitu: pertanyaan dengan satu kunci jawaban dan empat pengecoh, tingkat keyakinan jawaban, alasan, dan tingkat keyakinan alasan. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian Research and Development (R&D). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA di SMAN 64 Jakarta. Instrumen yang dihasilkan terdiri atas kisi-kisi soal, petunjuk pengerjaan, soal tes, kunci jawaban, lembar jawaban, dan pedoman interpretasi hasil. Validitas yang dilakukan oleh validator menunjukan instrumen yang dikembangkan sebagai alat evaluasi bernilai valid dengan reliabilitas yang dikembangkan sebesar 0,98. Soal tes terdiri atas soal mudah, sedang, dan mudah. Temuan dilapangan miskonsepsi tertinggi ditemukan pada konsep GLBB.

Keywords: Miskonsepsi, Four-Tier Test, Research and Development (R&D)

Topic: Physics

Link: https://ifory.id/abstract-plain/JnGvrMytmcqg

Web Format | Corresponding Author (Erlinda Septiyani Puspita)