DESAIN DIDAKTIS KONSEP HUKUM KEKEKALAN MOMENTUM SUDUT BERDASARKAN KESULITAN BELAJAR SISWA SMA KELAS XI
Gouwanda Aji Wandana*, Heni Rusnayati, dan Agus Fany Chandra
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Dewasa ini, kebanyakan penelitian hanya fokus pada media, metode, dan model pembelajaran, namun kurang memperhatikan konten dari materi yang akan diajarkan. Sehingga, kurang memperhatikan kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran. Konsep hukum kekekalan momentum sudut merupakan materi fisika yang dianggap sulit oleh siswa karena mereka tidak mampu memahami konsep, memasukkan variabel kedalam persamaan, melakukan perhitungan matematis, dan memberikan analisis pemanfaatan hukum kekekalan momentum sudut. Penelitian ini bertujuan untuk mencari desain didaktis terbaik untuk konsep hukum kekekalan momentum bagi siswa SMA kelas XI berdasarkan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa. Desain didaktis awal disusun berdasarkan hasil TKR (Tes Kemampuan Responden) pada kelas XII dan implementasi desain dilakukan di kelas XI. Penelitian dilakukan pada sekolah yang sama, dengan asumsi bahwa siswa-siswi setiap tingkatan kelas dalam sekolah tersebut memiliki kemampuan belajar yang relatif sama. Setelah dilakukan dua kali implementasi desain dan tiga kali revisi desain, hasil menunjukkan adanya penurunan kesulitan-kesulitan belajar siswa dan didapatlah desain didaktis akhir yang dapat digunakan oleh para guru sebagai pedoman ataupun referensi dalam pembelajaran konsep hukum kekekalan momentum sudut di kelas.
Keywords: Kesulitan Belajar, Hukum Kekekalan Momentum Sudut, Desain Didaktis.
Topic: Pembelajaran