FMI 2019 Conference

Identifikasi Faktor Pembentuk Perilaku Belanja Konsumen dalam Perspektif Budaya Jawa Mataraman
Gratianus Edwi Nugrohadi, Margaretha Ardhanari, Diyah Tulipa

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya


Abstract

Indonesia, dengan budaya etnis yang banyak, memberikan sebuah ruang bagi para pelaku pasar untuk meneliti keinginan dan kebutuhan tiap etnis berdasarkan pada pemasaran etnis. Keragaman budaya etnis dapat menjadi sebuah petunjuk yang baik untuk melakukan segmentasi konsumen Indonesia berdasarkan pada etnisitas. Tiap konsumen mempunyai identitas etnis sendiri. Mengetahui perbedaan antara kelompok etnis merupakan suatu pengetahuan yang penting bagi pemasar. Kelompok etnis dapat bertindak dan bereaksi secara berbeda dengan yang lainnya. Meskipun dalam kelompok yang sama, sebuah pemahaman sub-kelompok atau kelompok etnis yang berbeda dapat mengarah pada kebutuhan akan produk yang berbeda pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor pembentuk perilaku belanja konsumen didasarkan pada perspektif budaya Jawa Mataram. Hasil penelitian menemukan terdapat 33 faktor pembentuk perilaku konsumen dalam berbelanja. Berdasarkan tingkat ketergantungan dan mobilitas, terdapat 21 faktor yang memiliki mobilitas tinggi dan ketergantungan yang tinggi antar faktor. Sementara itu berdasarkan prospek pengaruh terhadap perilaku belanja terdapat dua faktor yaitu (1) proses pengajaran kepada anak memerlukan waktu yang panjang (2) mandiri dimana kemandirian sudah mulai dilakukan sejak usia muda.

Keywords: Budaya Etnis, Jawa Mataraman, Perilaku Belanja

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/JuR6yjv8BMf2

Web Format | Corresponding Author (Diyah Tulipa)