Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared Menggunakan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Topik Teknologi
Amelia Herlina
Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Pembelajaran terpadu merupakan suatu model memadukan beberapa pokok bahasan atau bidang studi atau berbagai materi dalam satu sajian pembelajaran. Pembelajaran terpadu tipe shared adalah bentuk pemaduan pembelajaran akibat adanya overlapping konsep atau kemampuan pada dua mata pelajaran. Pembelajaran IPA terpadu tipe shared ini akan menghubungkan materi pelajaran pada pelajaran IPA khususnya biologi dan kimia SMP pada topik teknologi sehingga siswa dapat melihat keterhubungan konsepnya. Pembelajaran akan disampaikan melalui model cooperative learning yang mengutamakan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Penyusunan makalah ini dilakukan berdasarkan hasil review dari kajian pustaka dan penelitian. Dari penelitian ini diharapkan pembelajaran IPA terpadu tipe shared yang dilaksanakan melalui model cooperative learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada topik teknologi.
Keywords: Integrasi Pembelajaran Tipe Shared, Cooperative Learning, Keterampilan Berpikir Kritis
Topic: Pembelajaran (EDU)