SNIPS 2016 Conference

Penerapan Pendekaan Saintifik untuk Melatihkan Literasi Saintifik pada Domain Kompetensi siswa SMP pada Topik Tekanan
Annisa Nadia Mariska, Setiya Utari, dan Muhamad Gina Nugraha

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Penelitian ini merupakan pre eksperimental dengan desain one group pre-test-post-test yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran penerapan pendekatan saintifik untuk melatihkan kemampuan literasi saintifik pada domain kompetensi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Bandung dengan sampel 1 kelas yang diambil menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa tes literasi saintifik berbentuk uraian sebanyak 20 soal dan lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil analisis menggunakan gain ternormalisasi menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan literasi saintifik siswa pada domain kompetensi dalam ketegori sedang. Peningkatan aspek K1 (menjelaskan fenomena ilmiah) sebesar 0,82 dengan kategori tinggi, peningkatan aspek K2 (mengevaluasi dan merancang penelitian ilmiah) sebesar 0,46 dengan kategori sedang, dan peningkatan pada aspek K3 (menginterpretasikan data dan bukti ilmah) sebesar 0,15 dengan kategori rendah. Peningkatan pada setiap aspek tersebut menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan penerapan pendekatan saintifik yang digunakan sudah efektif dalam melatihkan literasi saintifik dalam aspek K1 dan K2. Namun, masih kurang efektif dalam melatihkan aspek K3.

Keywords: pendekatan saintifik, literasi saintifik, tekanan

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/KWQRavJNUGt8

Web Format | Corresponding Author (Annisa Nadia Mariska)