Media Pembelajaran Prototipe Pompa Swashplate Pada Materi Fluida Dinamis SMA
Teguh Tarsito
Universitas Negeri Jakarta
Abstract
Pembelajaran fisika yang bersifat abstrak yang disampaikan oleh guru dapat diselingi dengan media pembelajaran berupa alat peraga agar pembelajaran tersebut lebih bersifat konkret sebab siswa dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan alat peraga tersebut. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dalam penyampaian pesan dan isi pelajaran saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman konsep fisika yang diajarkan. Berdasarkan hasil angket studi pendahuluan yang diberikan kepada beberapa guru fisika SMA di Jakarta dan sekitarnya yang sedang menjalankan studi S2 pendidikan fisika di Universitas Negeri Jakarta yaitu sebanyak 41 orang. Dari hasil angket tersebut didapat bahwa 21,95 % para guru di sekolahnya terdapat media pembelajaran untuk materi fluida dinamis, 4,8% menyatakan bahwa di sekolahnya terdapat media pembelajaran prototipe pompa untuk materi fluida dinamis, 100% menyatakan bahwa di sekolahnya tidak terdapat media pembelajaran prototipe pompa swashplate yang bagian dalam pompa terlihat sehingga prinsip kerja dapat diamati. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran fisika yang berupa alat peraga yang lebih sederhana, yaitu alat peraga prototipe pompa swashplate. Dimensi-dimensi prototipe pompa ini : Ukuran casing pompa :46x25x25 cm, Diameter piringan swashplate:11,5 cm, Sudut piringan dengan sumbu : 400, Debit rata-rata air untuk satu katup (variasi bola besar-besar) : 0,83 ml/s, Periode rata-rata 1 piston :1,42 /s.
Keywords: Prototipe pompa swashplate, fluida dinamis, media pembelajaran
Topic: Pembelajaran