FMI 2019 Conference

KUALITAS PELAYANAN WISATAWAN, KOMPETENSI DAN MOTIVASI PRAMUWISATA DI KOTA PALU DAN KABUPATEN DONGGALA
Lina Mahardiana Yobert Kornelius Mohammad Faisal

Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako


Abstract

Unit analisis dalam penelitian ini adalah pekerja di bidang kepariwisataan yang ada di Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Tujuannya mengkaji persepsi wisatawan tentang kompetensi Pramuwisata terhadap kualitas pelayanan wisatawan dan motivasi pramuwisata sebagai variabel antara. Sebanyak 192 wisatawan yang berada/berkunjung di beberapa spot wisata di Kota Palu dan Donggala sebagai sampel. Penelitian konklusif ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data melalui kuesioner, yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analisys) Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi pengaruh langsung kompetensi Pramuwisata terhadap kepuasan wisatawan, lebih kecil dibandingkan dengan nilai koefisien regresi pengaruh tidak langsung melalui motivasi Pramuwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kunjungan wisatawan lebih kuat dipengaruhi oleh kompetensi Pramuwisata. Namun hal ini juga tergantung dari motivasi Pramuwisata tersebut dalam bekerja yaitu sebagai pemandu wisata.

Keywords: kompetensi, motivasi, kualitas pelayanan, Pramuwisata/Pemandu wisata

Topic: Manajemen Sumber Daya Manusia

Link: https://ifory.id/abstract-plain/LUa4kcXCfANg

Web Format | Corresponding Author (Lina Mahardiana)