SNIPS 2016 Conference

ANALISIS PERILAKU BELANJA ONLINE MAHASISWA UII MENGGUNAKAN TABEL KONTIGENSI ANALISIS
Kharisma Mujahid Akbar dan Akhmad Fauzy

Universitas Islam Indonesia


Abstract

Online Shop merupakan kegiatan menawarkan barang kepada konsumen melalui media Internet. adanya online shop sangat membantu dan mempermudah kosumen mendapat barang yang diinginkannya tanpa harus datang bertatap muka dengan penjual. hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari online shop. analisis chi-square merupakan salah satu metode dalam duani statistic yang merupakan analisis tabel kontignen baik 2 arah maupun multidimensi. analisis chi-square berguna untuk melihat independesi antara satu faktor dan faktor lainnnya., dalam hal ini faktor yang akan dianalisisi adalah Tempat, Alasan, dan jenis kelamin. Peneliti ingin memastikan apakah antara tempat dan gender saling independen, alasan dan gender saling independen dan alasan dan tempat saling independen untuk semua jenis kelamin. Data yang digunakan adalah data 60 responden yang berasal dari mahasiswa UII melalui pembagian kuisioner by paper dan by computer. pengujin dengan statistic chi-square person menunjukan bahwa konsumen laki-laki dan perempuan berbeda cara pemilihan tempatm belanja online, dengant kata lain Faktor Tempat belanja dan gender tidak saling independen (berhubungan). sedangkan alasan transaksi belanja online dan pemilihan belanja online saling independen baik itu terhadap laki-laki maupun perempuan. Dengan kata lain Faktor Alasan dan Tempat belanja online mahasiswa UII saling independen untuk semua jenis kelamin.

Keywords: Online Shop, Internet, Mahasiswa, Chi-Square

Topic: Komputasi dan Pemodelan

Link: https://ifory.id/abstract-plain/LdBM647tKY9F

Web Format | Corresponding Author (Kharisma Mujahid Akbar)