ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR IPBA TERINTEGRASI YANG MENGAKOMODASI KECERDASAN MAJEMUK DAN MENANAMKAN KARAKTER DIRI SISWA SMP
Winny Liliawati, Judhistira Aria Utama, Taufik Ramlan Ramalis
Department of Physics Education UPI
Abstract
Siswa SMP memiliki pemahaman yang rendah mengenai materi ilmu pengetahuan Bumi dan Antariksa. Hal ini salah satunya dikarenakan ketersediaan bahan ajar IPBA di SMP masih relatif terbatas. Siswa dan guru pada umumnya menggunakan buku ajar pada buku paket IPA fisika kelas IX untuk dengan materi yang terbatas. Serta buku yang ada tidak mengembangkan kecerdasan majemuk dan menanamkan karakter diri siswa. Berdasarkan hal itu pengadaan bahan ajar IPBA yang terintegrasi yang mengakomodasi kecerdasan majemuk iri dan menanamkn karakter sangat diperlukan, disusun berdasarkan kurikulum, pengetahuan awal, sumber belajar yang tersedia, kondisi dan karakteristik siswa, penyajian materi dihubungkan dengan situasi dunia nyata sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memenuhi validitas isi dan keterbacaan siswa serta kemampuan mengembangkan kecerdasan majemuk. Adanya bahan ajar ini diharapkan dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran IPBA yang kreatif dan inovatif dan siswa dapat mengembangkan berbagai kecerdasan majemuk dan siswa memiliki karakter (moral) yang baik
Keywords: bahan ajar, IPBA, terintegrasi, kecerdasan majemuk, karakter
Topic: Inovasi (INV)