SNIPS 2016 Conference

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Fluida Statis
Isti Fuji Lestari, Irma Rahma Suwarma, Ida Kaniawati

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMA melalui model pembelajaran berbasis pengalaman dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain one shoot pretest posttest group. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan cara mengambil satu kelas secara acak (random class) pada tingkat kelas XI Ilmu Alam di salah satu SMA Negeri di kabupaten Garut. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) keterampilan berpikir kritis yang berupa soal uraian. Hasil penelitian yang diperoleh setelah penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman dengan pendekatan STEM yaitu peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi fluida statis.

Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman, Pendekatan STEM, Keterampilan Berpikir Kritis, Fluida Statis

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/NKCV6TXWGfDb

Web Format | Corresponding Author (Isti Fuji Lestari)