SNIPS 2015 Conference

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI PADA POKOK BAHASAN REAKSI KIMIA
Khaerani Faoziah, S. Pd; Dra. Gebi Dwiyanti, M. Si; Dr. Ratnaningsih Eko Sardjono, M. Si

Indonesia University of Education (UPI)






Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) praktikum berbasis inkuiri pada pokok bahasan reaksi kimia dan mengetahui kualitas LKS yang dikembangkan berdasarkan penilaian guru, keterlaksanaan, serta respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan langkah-langkah R&D yang berupa tahap studi pendahuluan dan sampai uji coba terbatas pada tahap pengembangan model. Sumber data pada penelitian ini adalah guru IPA SMP/MTs dan siswa kelas VII pada salah satu MTs di Kabupaten Garut. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan lembar observasi. Hasil penelitian pada tahap studi pendahuluan menunjukkan bahwa karakteristik LKS pada pokok bahasan reaksi kimia yang digunakan di SMP/MTs saat ini adalah LKS cook book dengan percobaan menggunakan alat dan bahan standar laboratorium kimia. Karakteristik LKS praktikum yang dikembangkan adalah LKS berbasis inkuiri dengan arahan rancangan percobaan mencantumkan pilihan alat dan bahan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari (material lokal). Hasil penelitian pada tahap pengembangan model menunjukkan bahwa penilaian guru terhadap LKS praktikum berbasis inkuiri yang dikembangkan sangat baik dengan persentase penilaian sebesar 94,45% yang terdiri dari penilaian terhadap kesesuaian dengan standar isi (100%), kesesuaian dengan konsep reaksi kimia (97,22%), keefektifan kalimat (97%), serta tata letak dan perwajahan LKS (83,6%). Keterlaksanaan LKS berbasis inkuiri dikategorikan sangat baik (94,50%). Respon siswa terhadap LKS berbasis inkuiri tergolong kategori baik (78,3%).

Keywords: LKS praktikum berbasis inkuiri, kualitas LKS, reaksi kimia.

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/PKcpjGFqyh3T

Web Format | Corresponding Author (Khaerani Faoziah)