SNIPS 2016 Conference

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FISIKA SMA BENTUK PILIHAN GANDA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS
Ratu Dewi Sri Lestari, Asep Sutiadi, Agus Jauhari

Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ,
Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes fisika SMA bentuk pilihan ganda berdasarkan taksonomi Bloom revisi pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi inti pengetahuan untuk SMA pada kurikulum 2013 yang menyatakan bahwa siswa diharapkan memiliki kemampuan memahami, menerapkan, dan menganalisis kemampuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif. Namun, pada kenyataannya instrumen yang digunakan untuk menjaring informasi siswa belum optimal dan belum sepenuhnya menguji kemampuan yang diharapkan oleh kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa SMA Negeri di Kota Bandung dengan subjek penelitian yaitu sebanyak 136 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah model research and development (R&D) dengan pendekatan pengembangan model 4D (four-D model). Pengembangan instrumen tes ini dianalisis menggunakan software Anates V4. Hasil penelitian diperoleh nilai validitas tes 0,68 dengan interpretasi tinggi dan reliabilitas tes 0,81 dengan interpretasi sangat tinggi. Serta untuk profil penguasaan kompetensi pengetahuan siswa diperoleh hasil sebesar 61,09% dengan kriteria penguasaan kompetensi pengetahuan tinggi. Sehingga, diperoleh hasil bahwa instrumen tes fisika SMA bentuk pilihan ganda berdasarkan taksonomi Bloom revisi pada materi momentum dan impuls yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas butir soal yang baik dan sudah dapat digunakan untuk sebagai alat untuk mengukur kompetensi pengetahuan siswa.

Keywords: Pengembangan instrumen tes, Taksonomi Bloom revisi, Momentum dan impuls

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/PWfXvuLbF7hG

Web Format | Corresponding Author (Ratu Dewi Sri Lestari)