Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Sri-Kehati Periode 2010-2018
Stella, S.E., M.M., Emir Kharismar, S.E., M.B.A., R.S.A., C.R.P., Debby Irwan Putri
Trisakti School of Management
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan ukuran dewan komisaris terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan yang terdaftar dalm indeks SRI-KEHATI. Data populasi dari penelitian ini adalah perusahaan yan terdaftar dalam indeks SRI-KEHATI. Menggunakan metode purposive sampling, didapatkan 12 perusahaan yang konsisten terdaftar dalam indeks SRI-KEHATI periode 2010-2018. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan pendekatan data panel diuji melalui Eviews 10 dengan model fixed effect untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure, sedangkan umur perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure.
Keywords: Corporate Social Responsibility Disclosure, Profitabilitas, Leverage, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris
Topic: Manajemen Keuangan