SNIPS 2016 Conference

PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA TARUNA SURABAYA
Ahmad Irfan Alfaruqi

STKIP Al Hikmah Surabaya


Abstract

ABSTRAK Menurut Hilda Sandrayanti, S.Pd. metode mengajar yang kurang bervariasi menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sehingga pada tahun 2010 Aryanti Nuryana dan Setio Purwanto menggagas sebuah penelitian berjudul �Efektivias Brain Gym� yang bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi pada siswa. Pada penelitian tersebut terbukti bahwa dengan menyisipkan Brain Gym atau yang lebih dikenal dengan istilah Ice Breaking pada proses pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan konsentrasi siswa. Akan tetapi pada penelitian yang digagas oleh Aryanti Nuryana dan Setio Purwanto tersebut belum ditunjukan apakah dengan menyisipkan Ice Breaking pada prosesi pembelajaran berpengaruh terhadap daya serap siswa pada pembelajaran terutama mata pelajaran matematika. Oleh karenanya digagaslah penelitian yang berjudul PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA oleh penulis yang dilaksanakan di SMA TARUNA SURABAYA. Pada penelitian yang digagas tersebut akan diselidiki seberapa besar pengaruh menyisipkan Ice Breaking pada prosesi pembelajaran terhadap peningkatan daya serap siswa pada pembelajaran matematika di SMA Taruna Surabaya. Tolak ukur yang digunakan untuk mengetahui peningkatan daya serap siswa pada penelitian tersebut adalah nilai hasil test yang diujikan kepada siswa sebelum dan sesudah diberikannya treatment. Adapun rancangan penelitian yang akan digunakan adalah Pretest-Postest kelompok tunggal.

Keywords: Pengaruh, Ice Breaking, Peningkatan, Daya Serap

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/Q8MTcR2PYx6V

Web Format | Corresponding Author (Ahmad Irfan)