Pengembangan Multimedia Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Perpindahan Kalor
Nur Eli Purnamasari*, Achmad Samsudin, Endi Suhendi, Ida Kaniawati, Parsaoran Siahaan
Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung 40154, Indonesia
*nur_purnamasari[at]ymail.com
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan di abad 21 yang semakin berkembang dengan pesat. Keterampilan berpikir kritis sangat perlu dilatihkan kepada siswa agar siswa berpikir dan mengajukan permasalahan secara kritis tentang konsep IPA yang dipelajari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP melalui pengembangan multimedia komputer. Dalam rangka mencapai tujuan, digunakan media komputer supaya siswa dapat dengan mudah memahami materi perpindahan kalor yang abstrak menjadi lebih riil. Dalam multimedia komputer ini, terdapat beberapa menu yang dapat dipilih yaitu e-book, animasi, video, contoh soal, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Adapun langkah-langkah dalam pengembangan media komputer yaitu menentukan materi yang akan diambil, membuat storyboard, membuar flowchart, pembuatan multimedia dibantu oleh ahli, judgement multimedia, revisi multimedia, implementasi di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di Lembang Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa meningkat setelah digunakan multimedia komputer pada konsep perpindahan kalor.
Keywords: Multimedia komputer; Kemampuan berpikir kritis; Perpindahan kalor
Topic: Pembelajaran (EDU)
Link: https://ifory.id/abstract-plain/QJ4BmyTv7pYP