Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran Technology-Embedded Scientific Inquiry (TESI)
Muhammad Aqmal Nurcahyo*, Parsaoran Siahaan, dan Wawan Setiawan
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Technology-Embedded Scientific Inquiry (TESI) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP pada materi struktur bumi dan bencana. Penelitian ini terdiri dari 4 pertemuan diawali dengan pretest, dua pertemuan pembelajaran menggunakan model pembelajaran TESI, dan diakhiri dengan posttest. Model pembelajaran TESI dipilih sebagai sebuah penerapan model pembelajaran baru yang dapat diterapkan di Indonesia, karena didalam penggunaannya menggunakan teknologi inovatif berbasis multimedia interaktif yang akan dipelajari oleh siswa. Adapun tahapan dari model pembelajaran TESI yaitu: konseptualisasi ilmiah, investigasi ilmiah, dan komunikasi ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan one-group pretest-posttest design sebagai desain penelitian. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPA pada materi struktur bumi dan bencana dengan menggunakan model pembelajaran TESI dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP dengan perolehan gain yang dinormalisasi sebesar 0,35 dengan kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran TESI dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP pada materi struktur bumi dan bencana.
Keywords: pemecahan masalah, model pembelajaran TESI
Topic: Pembelajaran