SNIPS 2015 Conference

Penyusunan Bahan Ajar Tema Peramal Cuaca Sebagai Pembelajaran IPBA Terpadu SMP
Arman Abdul Rochman, Dr. Winny Liliawati, M.Si, Judhistira Aria Utama, M.Si, Taufik Ramlan Ramalis, M.Si.

Departemen Pendidikan Fisika. Universitas Pendidikan Indonesia.


Abstract

Ilmu Pengatahuan Bumi dan Antariksa (IPBA) mungkin lebih dikenal dengan Earth and Space ini sempat menjadi mata pelajaran SMP pada kurikulim tahun 1975 hingga 1994 dipecah dan dilebur pada mata pelajaran Georagfi dan Fisika. Uji TIMSS (Trend Internasional Mathematics and Science Study) untuk k-8(usia 12-14) yang diikuti Indonesia dalam bidang sains pada tahun 1999, 2003 dan 2007 selalu memproleh nilai dibawah rata-rata dengan peringkat sangat rendah. Uji lapangan yang dilakukan di dua sekolah di wilayah Bandung menunjukan penguasaan konsepsi siswa hanya sekitar 32% dari materi IPBA yang terdapat di pelajaran IPA dan IPS khususnya dalam bidang Atmosfer. Mayoritas siswa berminat dalam mempelajari IPBA lebih dalam karena dapat dijumpai fenomenanya. Pengambilan tema Peramal Cuaca dimaksudkan pembelajann agar lebih terarah dalam satu tema serta siswa diharapkan mempunyai kompetensi yang bisa dipakai siswa di kehidupan sehari-hari. Tahap pertama penilitian dilakukan dengan pengambilan data penguasaan konsep dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran peramal cuaca. Dilanjutkan pengumpulan materi atmosfer, meteorologi dan klimatologi desain keterpaduan Model Webbed dengan materi IPBA sebagai pusat materi dibangun dan dapat dikaitkan dengan pengembangan materi pada Standar Isi. Proses uji bahan ajar dilakukan dengan uji (judgement) oleh beberapa dosen terkait dan uji rumpang skala kecil. Setelah tahap ini dilanjutkan pada tahap uji rumpang skala besar. Uji rumpang yang dilakukan diharapkan akan positif, karena ditekankan pada uji konsep pemahaman siswa. Bahan Ajar ini bisa dijadikan pegangan guru ataupun siswa untuk mempelajari IPBA pada tema Atmosfer dan Cuaca ataupun Pengayaan IPA di sekolah. Pengembangan bahan ajar ini diharapkan menjadi salah satu dasar pegembangan kurikulum agar pembelajaran IPBA dapat dinikmati kembali oleh siswa-siswi di Indonesia.

Keywords: Bahan Ajar, IPBA Terpadu, SMP, Atmosfer

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/TNA9KUbm7G6n

Web Format | Corresponding Author (Arman Abdul Rochman)

PDF (383 kB)