FMI 2019 Conference

PERSEPSI ATRIBUT HALAL TERHADAP CITRA DESTINASI DAN PERILAKU WISATAWAN (STUDI KASUS PARIWISATA SYARIAH)
Meylia Indah Puspita, Ratna Roostika

Universitas Islam Indonesia


Abstract

Populasi Muslim dunia saat ini mewakili sekitar tiga puluh persen dari total penduduk global dan jumlahnya terus meningkat. Demikian juga Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, maka pariwisata berbasis syariah semakin memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan. Penelitian ini memfokuskan pada mengidentifikasi pengaruh atribut-atribut pariwisata halal dan meneliti pengaruihnya terhadap citra destinasi dan perilaku berkunjung kembali serta merekomendasikan. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling dan terkumpul responden yang valid sebanyak 263. Dengaan menggunakan Teknik analisis SEM-AMOS, penelitian ini mendukung tiga hipotesis yang diajukan. Pertama adalah adanya pengaruh kelima atribut destinasi halal (lingkungan sosial, fasilitas wisata, makanan dan minuman halal, karyawan dan jasa pelayanan) terhadap citra destinasi, kedua adanya pengaruh antara citra destinasi dan niat berkunjung kembali, serta ketiga adanya pengaruh citra destinasi terhadap niat merekomendasikan. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan gambaran semakin pentingnya perhatian terhadap atribut-atribut syariah yang saat ini belum terlalu diutamakan meskipun mobilitas wisatawan muslim semakin menunjukkan trend peningkatan.

Keywords: Atribut pariwisata, pariwisata syariah, citra destinasi, minat berkunjung, minat rekomendasi

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/TVx28BqAwgXC

Web Format | Corresponding Author (RATNA ROOSTIKA)