SNIPS 2017 Conference

Pengembangan Media E-Learning dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Gerak Harmonis Sederhana untuk SMA
Junita Cindy Afika (a*), Vina Serevina (b), Siswoyo (b)

Program Studi Pendidikan Fisika,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta,
Jl. Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur 13220


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan media e-learning dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan gerak harmonis sederhana untuk SMA. E-learning merupakan media yang dapat digunakan guru dan siswa dalam aktivitas pembelajaran yang tidak terbatas pada ruang dan waktu. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE dengan lima langkah pengembangan yaitu analisis, desain, pengembangan produk, implementasi produk, dan evaluasi produk. Model ini dijadikan acuan dalam mengembangkan, memvalidasi, dan menguji efektivitas produk e-learning yang dihasilkan. Dalam e-learning terdapat fitur-fitur utama yaitu Assignment, Quiz, Forum, Chat, dan Rapor yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran yang diterapkan di e-learning sesuai dengan tahapan pembelajaran berbasis masalah yaitu mengorientasi masalah kepada siswa, mengorganisasi siswa untuk meneliti, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dalam e-learning ini guru mengambil permasalahan nyata di kehidupan yang berkaitan dengan materi yang akan diselesaikan siswa dan membuat siswa dapat berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah.

Keywords: E-learning, Pembelajaran Berbasis Masalah, Fisika, Gerak Harmonis Sederhana

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/UGt6E3FkK2HA

Web Format | Corresponding Author (Junita Cindy Afika)

PDF (1,843 kB)