SKF 2018 Conference

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery,Inquiry dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kecerdasan Intelektuan (IQ)
Mega Aulia Lestari (a*), Acep Kusdiwelirawan (b), Muh Soenarto (b)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery,Inquiry dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kecerdasan Intelektuan (IQ). Metode penelitian yang digunakan adalah metode True Eksperimental Posttest Control Design. Pengujian Hipotesis penelitian menggunakan Analisis Kovarian Sederhana Satu Jalur (ANAKOVA). Berdasarkan hasil analisis data perhitungan Anakova diperoleh F hitung = 9,123 lebih besar dari F tabel alpha (0,01)(0,05) =(3,13)(4,93),sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar fisika yang sangat signifikan antara siswa yang diajarkan model Discovery,Inquiry dan Problem Based Learning setelah mengontrol Intelligence Quotient (IQ). Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Inquiry memberikan pengaruh terbaik terhadap hasil belajar fisika siswa dengan rata-rata nilai hasil belajar fisika sebesar 72,71 dibandingkan model lainnya.

Keywords: Model Pembelajaran, Discovery, Inquiry, Problem Based Learning, IQ,Hasil Belajar

Topic: Physics

Link: https://ifory.id/abstract-plain/ULCPYtWMDEgy

Web Format | Corresponding Author (Mega Aulia Lestari)