SNIPS 2015 Conference

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran IPA Terpadu- Model Webbed dengan Tema: Gunung Berapi
Hanna Nurul Husna

Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia
hanna.nurul.husna[at]student.upi.edu


Abstract

Makalah ini memaparkan hasil penelitian tentang pengembangan bahan ajar berbasis pembelajaran IPA Terpadu model Webbed dengan tema: Gunung Berapi. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan dasar pemikiran bahwa bahan ajar merupakan komponen yang penting dalam suatu pembelajaran. Pembelajaran IPA terpadu harus mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu alam, karena itu dibutuhkan suatu bahan ajar yang komprehensif dan memenuhi kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini merupakan tahapan awal dari tahapan pengembangan bahan ajar. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan langkah-langkah: (1) menentukan tema dan keterpaduannya dengan sub topik yang dipadukan; (2) menganalisis KI dan KD; (3) menentukan indikator dan tujuan pembelajaran; (4) membuat lesson con-sequencce map; (5) merumuskan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. Berdasarkan hasil kajian tersebut, dapat dikemukakan hasil dari penelitian ini: bahan ajar yang dihasilkan berupa handout yang dilengkapi dengan lembar kerja siswa dan asesmennya.Hasil penelitian ini masih harus ditindaklanjuti dengan menguji penggunaannya terhadap hasil belajar siswa serta pendapat siswa dan guru tentang bahan ajar ini.

Keywords: bahan ajar, IPA Terpadu Model Webbed, Gunung Berapi

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/Ur7fMRmNyTZj

Web Format | Corresponding Author (Hanna Nurul Husna)

PDF (602 kB)