SEMNAS 2019 Conference

PERAN PERCEIVED VALUE DALAM MEMEDIASI PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP LOYALITAS (Studi Pada Pengguna Tumbler Starbucks Coffee di Kota Denpasar)
IA Cynthia Saisaria Mandasari (1), Ade Ruly Sumartini (2)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa, Bali, Indonesia


Abstract

Setiap komponen masyarakat mulai khawatir dengan pencemaran lingkungan yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Kepedulian akan hal ini ditunjukan dengan mulai menggunakan produk yang ramah lingkungan dan memperhatikan aktivitas bisnis yang dilakukan oleh perusahaan di sekitar mereka. Melihat kepedulian masyarakat saat ini terhadap lingkungan membuat para pelaku bisnis mulai melakukan green marketing atau pemasaran hijau. Salah satu perusahaan yang menerapkan green marketing adalah Starbucks Coffee melalui produk Tumbler. Penelitian ini memberikan sumbangan pemikiran untuk UMKM di bidang kuliner minuman untuk melakukan green marketing untuk peduli lingkungan serta meningkatkan loyalitas pelanggannya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar langsung kepada objek penelitian. Populasi dalam penelitian adalah pengguna Tumbler Starbucks Coffee di Kota Denpasar dengan sampel sebanyak 75 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji sobel.

Keywords: green marketing, perceive value, loyalitas pelanggan

Topic: Kesejahteraan Masyarakat

Link: https://ifory.id/abstract-plain/UuYJK7bxzqyM

Web Format | Corresponding Author (IA Cynthia Saisaria Mandasari)