SNIPS 2015 Conference

Rekonstruksi Rancangan Pembelajaran IPA Kelas VII Materi Kalor Berdasarkan Profil Literasi Sains Siswa
Rico Juni Saputra

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Sains merupakan aspek yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali permasalahan yang menuntut untuk diselesaikan menggunakan sains. Sehingga masyarakat memerlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai sains yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari yang disebut dengan literasi sains. Saran paling memungkinkan untuk meningkatkan literasi sains ini adalah melalui kegiatan belajar mengajar di sekolah. Akan tetapi, faktanya adalah pembelajaran di sekolah tidak memfasilitasi siswa dalam meningkatkan literasi sains, maka dari itu perlu dilakukan rekonstruksi rancangan pembelajaran IPA. Untuk lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensi penelitian, bagian yang direkonstruksi adalah kompetensi literasi sains yang lemah dari siswa. Untuk mendapatkan profil kompetensi yang lemah tersebut, digunakanlah metode cross sectional survey kepada siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan berupa tes yang menguji kompetensi literasi sains siswa. Hasilnya adalah hanya sekitar setengah dari seluruh populasi yang memiliki kompetensi untuk menjelaskan fenomena ilmiah, menyelidiki masalah dan menginterpretasi data. Ketiga kompetensi tersebut merujuk pada framework PISA 2015.

Keywords: Literasi Sains; Rekonstruksi Pembelajaran; Cross sectional survey

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/VKx6n8ELzUAf

Web Format | Corresponding Author (Rico Juni Saputra)