SNIPS 2015 Conference

PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM IPA MATERI GELOMBANG DAN INDRA PENDENGARAN
Aprina Defianti* dan Silviana Hendri

Sekolah Pascasarjana UPI


Abstract

Praktikum merupakan metode yang efektif dalam membelajarkan IPA ke siswa. Melalui praktikum, siswa lebih dapat memahami konsep IPA dari pada sekadar mendengar atau membaca penjelasan konsep, terutama pada konsep IPA yang tidak dapat teramati langsung oleh mata. Dalam Kurikulum 2013, pembelajaran IPA harus dapat mengintegrasikan berbagai konsep sehingga siswa memiliki pemahaman yang menyeluruh terhadap suatu fenomena. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat praktikum IPA yang mengintegrasikan konsep Fisika dan Biologi dalam satu set alat. Penggunaan alat praktikum tersebut membantu siswa mengeksplorasi konsep gelombang, jenis-jenis gelombang mekanik, sifat gelombang, gelombang bunyi, mekanisme proses mendengar dan bagian-bagian indra pendengaran. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang terdiri dari tahap define, design, dan develop. Pada tahap define, dilakukan studi terhadap standar isi kurikulum 2013 pada pelajaran IPA SMP guna menentukan alat praktikum yang akan dikembangkan. Sedangkan pada tahap design, dilakukan proses mendesain dan membuat alat menggunakan bahan-bahan yang aman dan mudah diperoleh sehingga dapat direplikasi dan digunakan pada pembelajaran di sekolah. Selanjutnya untuk tahap develop, dilakukan kajian empirik, uji coba dan expert judgment oleh pakar pendidikan.

Keywords: pengembangan, alat praktikum, integrasi, gelombang, indra pendengaran

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/WLFbEu4aP8yg

Web Format | Corresponding Author (Aprina Defianti)

PDF (317 kB)