FMI 2019 Conference

Pengaruh Modal Insani dan Modal Sosial Terhadap Produktivitas dan Inovasi Pemasaran Dengan Kinerja UKM Sebagai Variabel Intervening
Dra. Wahju Wulandari, MM., Dr. Sodik, SE., M.Si.

Universitas Widyagama Malang


Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modal insani dan modal sosial dapat meningkatkan produktifitas dan inovasi melalui kinerja UKM. UKM yang menjadi sasaran penelitian adalah bergerak di bidang kerajinan di Malang Raya dan dikelompokkan menjadi delapan kategori yaitu glass painting, gerabah, batik, rajut, kayu, logam, kain dan craft dan assesoris. Sampel penelitian dari UKM klaster kerajinan di Malang Raya dengan pendekatan Purposive Random Sampling. Sampel yang diambil berdasarkan metode Roscoe bahwa ukuran sampel yang layak dalam penelitian antara 30 sampai dengan 500, sedangkan penelitian ini mengambil 100 sampel menggunakan kuesioner. Alat analisis berupa Structural Equation Modeling (SEM) program Amos 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja sangat dipengaruhi oleh modal sosial khususnya pada dimensi relasional, sedangkan modal insani yang paling baik untuk ditingkatkan pada pengetahuan lainnya dan kinerja yang paling baik didukung oleh inovasi produk, teknologi, implikasi dari penelitian ini untuk dapat meningkatkan kinerja UKM dalam menghadapi pasar global.

Keywords: modal insani, modal sosial, kinerja, UKM, produktivitas

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/WeQwAafFq6dr

Web Format | Corresponding Author (Wahju Wulandari)