PENGGUNAAN MULTI REPRESENTASI EKSTERNAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBAHASAN KALOR
Umi Khofifah, Dr. Parlindungan Sinaga, M.Si. , Dra. Heni Rusnayati, M.Si
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Permasalahan yang teridentifikasi terhadap rendahnya pemahaman fisika siswa di sekolah ialah guru kurang memperhatikan keragaman kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika. Untuk mengatasi masalah tersebut, pendekatan multirepresentasi eksternal dalam pembelajaran fisika dapat dijadikan salah satu alternatif untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran fisika. Pemahaman yang dimaksud adalah pemahaman (comprehension) berdasarkan taksonomi Bloom, yaitu kemampuan tranlasi (menerjemahkan), kemampuan interpretasi (menafsirkan) dan kemampuan ekstrapolasi/interpolasi (meramalkan). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep secara signifikan antara multirepresentasi eksternal dengan pendekatan konvensional. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII I dan VII J salah satu SMP Negeri di Lembang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 orang siswa pada masing-masing kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan menggunakan the static group pretest-posttest design. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata gain yang dinormalisai yaitu sebesar 0,50 dan 0,35. Pada pembelajaran dengan pendekatan multirepresentasi eksternal lebih signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan pendekatan konvesional dengan taraf signifikansi 1%.
Keywords: multirepresentasi eksternal, pemahaman konsep
Topic: Pembelajaran