Pengaruh pembelajaran kolaboratif dalam proses perubahan konsepsi mahasiswa dalam perkuliahan Listrik Magnet
Agus Jauhari, Andi Suhandi, Selly Feranie
Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia
Jl. Dr. Setiabudhi no.229. Bandung- Indonesia
Abstract
Telah diimplementasikan pembelajaran kolaboratif untuk melihat proses perubahan konsepsi mahasiswa dalam perkuliahan Listrik Magnet.Pembelajaran kolaboratif di terapkan dalam perkuliahan listrik Magnet (4 sks) untuk mahasiswa jurusan pendidikan fisika semester 5 sebanyak 24 mahasiswa terbagi menjadi 3 tahap pembelajaran, pembelajaran konsep, pembelajaran problem solving dan pembelajaran proyek. Pada paper ini dibahas pengaruh pembelajaran kolaboratif dalam pembelajaran konsep. Proses perubahan konsepsi mahasiswa diukur menggunakan tes konsep yang harus diisi dalam Jurnal Pemikiran Siswa (JPS). Dari hasil analisis mahasiswa menjawab dengan pemikiran sendiri sebanyak 83% (20 dari 24) mahasiswa menjawab salah. Setelah mereka diberi kesempatan untuk mengklarifikasi jawabannya melalui eksperimen sebanyak 25%(5 dari 20) Mahasiswa yang merubah jawabannya menjadi jawaban yang benar. Setelah mereka diberi kesempatan untuk sharing analisa jawabannya dengan kelompoknya sebanyak 87.5% (21 dari 24) mahasiswa menjawab benar dengan alasan yang tepat. Dari hasil ini dapat disimpulkan pembelajaran kolaboratif secara signifikan dapat mengubah konsepsi mahasiswa
Keywords: Pembelajaran Kolaborasi, perubahan, konsepsi
Topic: Pembelajaran