SNIPS 2015 Conference

Sinergi Program Magister Pendidikan Fisika UPI dan Magister Program Pengajaran Fisika ITB dalam Menguatkan Mutu Calon Dosen Pendidikan Fisika Indonesia
Ida Kaniawati, Lilik Hendrajaya

Universitas Pendidikan Indonesia
Institut Teknologi Bandung


Abstract

Program Magister Pendidikan Fisika UPI menfokuskan pada pengembangan dan pembaharuan dalam bidang pendidikan fisika untuk berbagai jenjang pendidikan, khususnya pendidikan formal dan melakukan kajian-kajian/riset yang inovatif untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan fisika sekaligus memberikan solusi atas persoalan-persoalan nyata yang dihadapi dalam penyelenggaraan pendidikan fisika pada berbagai jenjang pendidikan. Program Magister Pengajaran Fisika ITB fokus pada proses pemahaman menurut fisika agar si pemelajar menguasai fisika. Ini,suatu pilihan untuk diikuti, tetapi alangkah baiknya disinergikan, agar lulusannya mempunyai penguasaan ilmu fisika memadai dan sepadan serta menguasai ilmu pendidikan fisika serta memiliki kompetensi akademik dan profesional sebagai pendidik fisika. Penguasaan ilmu fisika dan pendidikan fisika yang dimaksud adalah mampu membelajarkan fisika yang mudah dipahami, aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Sinerginya lebih pada berbagi keunggulan, antara lain: mahasiswa MPd Fisika mengambil beberapa kuliah fisika dan mahasiswa MP Fisika mengambil kuliah tentang pendidikan fisika, melakukan kolaborasi riset tentang pembelajaran fisika, serta mengembangan kegiatan ekstra kurikuler dalam bentuk workshop yang mengembangkan skill sebagai pendidik fisika yang handal dan profesional.

Keywords: Kata-kata kunci: magister pendidikan fisika, pengajaran fisika, memanfatkan perkuliahan, kolaborasi riset.

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/XBEUAJCQbtWK

Web Format | Corresponding Author (Ida Kaniawati)