FMI 2019 Conference

Kinerja Pemasaran Berbasis Orientasi Pasar Serta Inovasi Produk Pada Industri Mikro, Kecil dan Menengah Makanan Ringan di Kabupaten Subang
Dwi Gemina, Endang Silaningsih, Karimatun Nisa

Universitas Djuanda Bogor, Jl. Raya Ciawi No. 1 Bogor Indonesia


Abstract

Industri Mikro Kecil Menengah (IMKM) memberikan sumbangan berarti bagi pertumbuhan ekonomi nasional, sebagai penggerak pembangunan daerah dibidang teknologi, memperluas kesempatan berusaha, kesempatan kerja dan peningkatan nilai tambah. Tujuan dari penelitian ini tanggapan pemilik usaha terhadap orientasi pasar, inovasi produk dan kinerja pemasaran IMKM makanan ringan di Kabupaten Subang serta untuk menganalisis kinerja pemasaran dipengaruhi secara simultan dan parsial oleh orientasi pasar dan inovasi produk pada industri mikro kecil menengah (IMKM) makanan ringan di Kabupaten Subang. Metode penelitian adalah deskriptif dan verifikatif dengan skala likert menggunakan pengujian regresi berganda, sampel berjumlah 50 IMKM makanan ringan menggunakan metode purposive sampling, kemudian kuesioner diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian bahwa secara simultan dan parsial variabel orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran IMKM makanan ringan di Kabupaten Subang.

Keywords: Orientasi Pasar; Inovasi Produk; Kinerja Pemasaran; IMKM Makanan Ringan; Kabupaten Subang

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/XM8U6Hp7ytjb

Web Format | Corresponding Author (Dwi Gemina)