SNIPS 2016 Conference

Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik untuk Pengembangan Keterampilan Generik Sains pada Titrasi Asam-Basa
Albi Gifani*, Dra. Cucu Zenab Subarkah, M.Pd dan Dra. Ratih Pitasari, M.Pd

UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Prodi Pendidikan Kimia


Abstract

Hasil studi pendahuluan disalahsatu SMAN di Karawang bahwa pada pembelajaran titrasi asam-basa belum sepenuhnya dilakukan praktikum walaupun alat dan bahan sudah cukup tersedia. Hasil belajar siswa sebelumnya pada konsep larutan asam-basa belum optimal dengan memperoleh nilai rata-rata 60. Dibutuhkan pembelajaran yang melakukan praktikum dengan mengoptimalkan penggunaan LKS. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS sesuai tahapan pendekatan saintifik dan menganalisis keterampilan generik sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas. Subjek penelitian adalah siswa disalahsatu SMAN di Karawang kelas XI IPA 1 yang merupakan siswa/i semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 orang. Hasil LKS pendekatan saintifik pada tahap mengasosiasi memperoleh 89, mengumpulkan data 85, mengkomunikasikan 80, dan menanya 73,3. Nilai keterampilan generik sains pada indikator pemodelan matematika memperoleh 92, bahasa simbolik 90, pengamatan langsung 85, inferensi logika 80, kerangka logika 73,3 dan membangun konsep 76. Pendekatan saintifik dapat mengembangkan keterampilan generik sains siswa pada setiap indikator secara optimal.

Keywords: pendekatan saintifik, keterampilan generik sains, titrasi asam-basa

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/XMdDKavumgeW

Web Format | Corresponding Author (Albi Gifani)

PDF (489 kB)