SNIPS 2016 Conference

MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA MELALUI BAHAN AJAR IPA TERPADU DENGAN TEMA HALO PADA TOPIK KALOR
Rahmah Evita Putri, Hayat Sholihin, Riandi

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Penelitian yang dilaksanakan adalah penggunaan bahan ajar IPA terpadu dengan tema Halo untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Bahan ajar yang telah layak sesuai dengan kriteria BNSP, kemudian digunakan dalam proses pembelajaran. Terdapat empat konsep yang diukur, yakni perubahan wujud, kalor, lapisan bumi dan optik. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasy experiment).Adapun Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa pada dua kelas VII, di salah satu SMP di kota Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan �cluster random sampling�, data yang di ambil sebanyak 64 orang dijadikan sampel, dengan sampel sebanyak dua kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian adalah peningkatan kemampuan penguasaan konsep siswa. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yakni uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen dengan nilai sig. 0,002 < (0,05) disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas sampel dengan gain sebesar 0,63 (sedang). Penguasaan konsep siswa pada setiap konsepnya yakni konsep perubahan wujud, kalor, lapisan bumi dan optik. Pada konsep perubahan wujud, siswa memperoleh rata-rata 90,63 dan gain sebesar 0,71 (tinggi), konsep kalor siswa mendapatkan rata-rata 85,16 dengan gain sebesar 0,65 (sedang), pada konsep lapisan bumi siswa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 86,46 dengan gain 0,65 (sedang) dan pada konsep optik siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 90,63 dengan gain sebesar 0,66 (sedang).

Keywords: bahan ajar IPA terpadu, peningkatan penguasaan konsep, dan tema Halo

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/Ybu8mx9RFUQn

Web Format | Corresponding Author (Rahmah Evita Putri)